Kegiatan Guru : Workshop Kurikulum TK…

IMG_8552

Sebenarnya sudah sedikit telat penerbitan artikel ini dikarenakan kendala teknis, tapi ga apa-apa, kata orang bijak lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Kalau bisa mah ga terlambat ya😀

Sesuai dengan judulnya, kali ini akan mencoba berbagi tentang kegiatan para guru TK Tri Ratna dalam meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti Workshop Kurikulum TK yang diadakan oleh IGTK (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak) kecamatan Tamansari, tepatnya pada hari Kamis, 11 April yang lalu. Nah…berikut liputannya (kaya wartawan ya :-D)

IMG_8550

Kegiatan dimulai dari pukul 08.00-15.00 dan menghadirkan dua pembicara yaitu Ibu Rita dan Bapak Subroto yang merupakan praktisi dunia pendidikan terutama dalam peningkatan mutu standar pendidikan. Dimulai dari pembicara pertama yaitu Ibu Rita.

Pembahasan yang dilakukan Ibu Rita mencakup pembuatan Kurikulum sesuai dengan Permen no 58 dan sekaligus menjabarkannya ke dalam RKM (Rencana Kegiatan Mingguan) dan RKH (Rencana Kegiatan Harian). Peserta dibagi menjadi 8 kelompok meliputi 4 kelompok membahas kurikulum TK B dan 4 kelompok membahas kurikulum TK A. Setiap kelompok membahas satu tema diambil dari pembelajaran satu semester.

IMG_8580

Kelihatan sekali para guru TK begitu antusias dalam mengikuti workshop. Tiap-tiap kelompok berusaha untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam pembahasan. Tetapi meski serius, para guru masih memperlihatkan wajah yang ceria penuh senyuman. Pukul 12.00 tepat, pembahasan per kelompok selesai dan dilanjutkan dengan makan siang. Sesuatu yang paling ditunggu tentunya😀

Pukul 12.30 kegiatan kembali di lanjutkan dengan pembahasan hasil kerja masing-masing kelompok apakah sudah sesuai dengan yang diintruksikan atau belum oleh Ibu Rita. Dan hasilnya cukup memuaskan. Ternyata para guru sudah jago-jago semua…meski masih ada beberapa yang harus diperbaiki, tentu saja agar nanti penerapan di sekolah bisa maksimal dan membuahkan hasil yang maksimal juga.

Sesi selanjutnya diisi oleh pak Subroto yang membahas tentang permasalah dalam sistem mengajar guru yang cenderung masih memakai “cara lama” dan “kuno”. Pak Subroto mengkritisi minimnya inovasi dalam cara mendidik anak dan cenderung seperti ini : guru masuk kelas, anak “dipaksa” diam mendengarkan guru “ceramah” dan membatasi gerak dan hak murid untuk mengekspresikan dirinya.

Pukul 15.00 kegiatan workshop selesai dan acara ditutup dengan doa. Dan tentu saja dengan harapan apa yang dipelajari hari ini bisa diterapkan di masing-masing sekolah demi meningkatkan mutu pendidikan kita.

Tentang tktriratna

Penyelenggara pendidikan bagi anak usia dini dengan visi " Pendidikan Berkualitas Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa yang Bermoral dan Berbudaya Luhur ".
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s